Warga Budidayakan Ikan Lele - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday 6 April 2015

Warga Budidayakan Ikan Lele

Topografi  yang jauh dari pantai atau laut bukanlah alasan untuk tidak mengenal Ikan, Ikan bukan hanya ada atau hidup di laut saja, tapi Ikan juga dapat hidup di Sungai, Sumur,  Rawa, dan Kolam. Keberadaan kolam pemijahan lele bisa menjadi solusi pemenuhan gizi dan juga mendatangkan pendapatan (income) bagi yang mau serta mampu mengembangkannya.

Winongo - Ikan Lele yang kebiasaan hidupnya di Sungai ternyata dengan usaha atau budidaya yang maksimal dapat juga hidup di Kolam atau penampungan, di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun tepatnya di RW V,  telah dilaksanakan kegiatan berupa Budidaya Ikan lele yang sumber dananya asalnya dari PNPM Mandiri Perkotaan yang digunakan untuk pembangunan kolam serta pembelian bibit.

Adalah kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang beralamat di jalan Sultan Agung RW V Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun memanfaatkan lahan tidak produktif yang berada di tengah lingkungan warga sebagai tempat budaya lele. Pada awalnya PNPM – MP mengelontorkan bantuan modal  untuk memulai usaha budidaya ikan lele.  

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk membudidayakan Ikan Lele ini hanya berkisar 3 bulan efektif setelah itu baru masuk masa panen, dengan jangka waktu yang cukup singkat ini diharapkan ikan yang akan di panen mempunyai bobot atau berat badan yang cukup untuk di panen, hasil panen di jual langsung ke warga sekitar kolam dan dana yg terkumpul di gunakan untuk operasional kolam.


Kemarin (minggu, 5/4) kolam ikan lele tersebut telah masuk masa panen ini di tandai dengan usia dan ukuran berat ikan lele  sudah cukup besar. Menurut informasi yang di dapat dari pengelola kolam , dalam 3 bulan sampai masa panen menghabiskan sekitar 115 kg pakan, dengan total hasil 130an kilo ikan lele. Perkilo di jual di bawah harga pasar, kalau di pasar di jual Rp. 18.000 per kilo, hasil panen kolam ikan lele bantuan PNPM MP dijual Rp. 16.000.

Menurut pantauan KIM Citra Taruna Kenanga Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo , warga sekitar kolam antusias dengan adanya program pemijahan dan pembibitan ikan lele karena memberikan manfaat bagi warga, anggota kelompok budidaya lele pada khususnya dan warga sekitar kolam lele pada umumnya.
“Memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan potensi lingkungan yang ada sehingga mampu menumbuhkan jiwa kemandirian dimasyarakat menjadi pekerjaan rumah bersama tidak hanya bagi aparat pemerinta kelurahan namun juga menjadi tanggung jawab Pemerintah. Potensi-potensi ini wajib di gali dan di manfaatkan sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dan kehidupan warga miskin. Namun harus di pahami bahwa PNPM MP hanya bersifat menstimulasi warga, adapun warga sendirilah yang diharapkan bisa menggagas ide-ide kewirausahaan”, pungkas Sudarmono  - KIM Citra Taruna Kenanga Winongo

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here