KIM Winongo Madiun Study Banding ke Bandung - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday 24 April 2016

KIM Winongo Madiun Study Banding ke Bandung

KIM Citra Taruna Kenanga Winongo Madiun, 24 April 2016 - Bersama puluhan insan pers di Kota Madiun dan Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Madiun, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Citra Taruna Kenanga study banding ke Kota Bandung. Pada kegiatan yang diadakan tanggal 21 April sampai dengan 24 April 2016 itu Kelompok Informasi Masyarakat Citra Taruna Kenanga mengikuti serangkaian kegiatan study banding.

Dihari pertama tanggal 22 April 2016 di Gedung Balaikota Bandung, diterima langsung oleh Bapak Dadang Staff Ahli Ekonomi Hukum Pemerintah Kota Bandung, mewakili Walikota Bandung memberikan paparan tentang pemerintahan Kota Bandung. menurut beliau di Bandung ada 3 (tiga) istilah yang membentuk segitiga sama sisi yaitu: Desentralisasi, Inovasi dan Kolaborasi. Desentralisasi Pemerintah Kota menyerahkan sepenuhnya kegiatan pemerintahan ke pada SKPD, Kecamatan dan Kelurahan untuk mengelola pemerintahannya. Bapak Walikota hanya memantau kegiatan dan menerima laporan tanpa harus mengurus semua masalah yang ada, dari segi Inovasi Ridwan Kamil Walikota Bandung mengharapkan 1(satu) SKPD harus memiliki 1 (satu) inovasi, Adapaun dari Kolaborasi Pemerintah menggandeng masyarakat dan forum-forum yang ada di Kota Bandung.

Salah satu hal yang menjadi catatan adalah Walikota Bandung menekankan pada index kesejahteraan dan kebahagiaan warga Bandung dengan membuat taman-taman tematik. disamping index kebahagiaan taman tematik ini juga difungsikan warga Bandung untuk saling berinteraksi satu dengan yang lain. 

Sedangkan Kelompok Informasi Masyarakat Kota Bandung dari 151 Kelurahan terbentuk 115 Kelompok Informasi Masyarakat. Pada proses pelaksanaan kegiatannya KIM kota Bandung lebih memberdayaakan pada penggunaan Media Sosial seperti Facebook Tweeter dan instagram serta aplikasi whataps atau yang lebih dikenal dengan WA. menurut pengurus forum KIM Kota Bandung, media ini lebih efektif karena langsung terintegrasi dengan SKPD terkait. Ditambahkan sarasehan KIM Kota Bandung diadakan 1 bulan sekali, untuk lebih meningkatkan dan menggiatkan KIM Kota Bandung memiliki program satu distrik satu produk. 

Dari informasi yang kami dapatkan saat ini Forum KIM Kota Bandung sedang mempersiapkan SDM yang nantinya akan mengurusi blog / website KIM di masing-masing kelurahan sebagaimana yang ada di kota Madiun  

Pada kesempatan itu di serahkan kenang-kenangan dari kedua pihak untuk memperat silaturahmi dari kedua Pemerintahan

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here