Pelatihan Blog dan Jurnalistik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday 12 February 2015

Pelatihan Blog dan Jurnalistik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)



Madiun, Selasa, 10 februari 2015





Bekerja sama dengan UNIKA WIDYAMANDALA MADIUN, Bidang Humas Pemerintah Kota Madiun mengadakan pelatihan Blog dan Jurnalistik bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kota Madiun, tak kurang 37 kelurahan yang ada di Kota Madiun mengikuti pelatihan tersebut. Kegitan tersebut di akadan dalam 2 gelombang, masing-masing terbagi atas 2 sesi, sesi pertama bermaterikan pelatihan blog yang dibimbing olah Bp. Anang dari UNIKA WIDYA MANDALA Madiun, pada sesi kedua Pemerintah Kota Madiun menggandeng Solopos.com untuk materi jurnalistik. Kegiatan dimulai dari pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB.


Seperti yang kami kutip dari madiun.solopos.com senin,9/2/2015, Kasubag Pemberitaan Humas Pemkot Madiun, Erna Purwitasari, menjelaskan acara yang dipelopori Kelompok Masyarakat Informasi (KIM) tersebut adalah gambaran bahwa warga pun sebenarnya memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk memajukan desa atau kelurahannya., masih kami kutip dari harian yang sama  “Target kita menggelar acara ini tak muluk-muluk, setidaknya masyarakat bisa menjadi pelopor utama penyampai informasi kepada masyarakat luas melaui media blog,” ujar salah satu pemateri pembuatan blog, Anang Setyo dari Kampus Unika Widya Mandala.



Pada pelatihan hari pertama petugas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari masing2 kelurahan di berikan pengetahuan tentang bagaimana membuat akum email sebagai dasar pembuatan blog. Antusiasme nampak pada kegitan tersebut. Sesi pertama diakhiri dengan pengumpulan baik akun email maupun alamat blog kim dari semua peserta. “memang untuk dua jam pelatihan kami rasa belum cukup, masih banyak materi yang belum tersamoikan sehingga kami akan membuat buku panduan lebih lanjut tentang pengolahan blog dan posting blog. Panduan akan kami kirimkan pada alamat email masing-masing kelurahan” demikian penuturan sekaligus penutupan dari  Anang Setyo dari UNIKA WIDYA MANDALA.
 
Pada hari kedua pelatihan di fokuskan pada pelatihan jurnaistik, tentang sejarah jurnalistik, tentang bagaimana menulis yang baik, pembedaan antara berita, opini, fiksi dan Iklan. Pembedaan ini penting agar berita yang nantinya termuat pada blog Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) jelas dan tepat sasaran. Menurut Wibisono dari Solopost.com selaku pemateri pembedaan ini harus dipahami benar sehingga tidak tercampur antara Berita dengan Opidi atau dengan yang lain, seperti halnya sesi pertama kegiatan jurnalistik diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Lebih lanjut sebuah berita harus bisa mewakili tingkat intelektual dari media tersebut, ini bisa dilihat dari sejauhmana berita disamping tetap mengedepankan aktual dan akurasi berita juga mampu menarik pembaca. 

Diakhir kegiatan Wibisono mengharapkan adanya blog khusus berdomain id yang menjadi kumpulan dari blog blog Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di masing masing kelurahan. 



1 comment:

  1. Maju terus Kelompok Informasi Masyarakat Kota Madiun... waktunya masyarakat "melek" IT,...

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here