Dodol Temulawak Enak dan Menyehatkan - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday 27 February 2015

Dodol Temulawak Enak dan Menyehatkan



Dodol Temulawak UPPKS Manggis - KIM Citra Taruna Kenanga Winongo

Dengan banyaknya khasiat Temulawak untuk kesehatan, UPPKS Manggis Kelurahan winongo berinovasi dengan membuat Dodol Temulawak. Dodol Temulawak buatan Ibu-ibu PKK yang tergabung dalam UUPKS Manggis yang beralamat di Jalan Minak Koncar I / 2 Winongo Madiun  ini disamping rasanya uueeenak juga bebas bahan pengawet sehingga aman di konsumsi anak-anak. Dodol Temulawak ini sangat  cocok buat oleh-oleh bila anda berkunjung ke Madiun.


Berikut manfaat temulawak tang kami dapat dari beberapa sumber

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

Zat yang terdapat Dalam Temulawak Yang Bermanfaat Untuk kesehatan tubuh anda
1. Pati 48.18% - 59.64% - membantu proses metabolisme.
2. Protin 29.00% - 30.00%
3. Abu 5.26% - 7.07%
4. Serat 2.58% - 4.83% - memulihkan kebugaran badan
5. Kurkumin 1.60% - 2.20% - dapat melancarkan proses pencernaan
6. Minyak asiri 6.00% - 10.00% - dapat meningkatkan fungsi ginjal
7. Phelandren - membantu melancarkan pengeluaran toksin tubuh melalui air kencing
8. Kamfer
9. Turmerol - membantu proses metabolisme
10. Borneol - membantu memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit
11. Sineal
12. Xanthorrhizol


Berikut 10 manfaat khasiat temulawak untuk membantu meningkatkan kesehatan anda.
1. Termulawak dipercaya dapat melancarkan ASI dengan cara 20 gram rimpang temulawak dicuci kermudian diparut hasil parutan diperas dan disaring kemudian direbus sampai mendidih, setelah didinginkan. campurkan dengan 2 sendok makan madu kemudian diaduk rata lalu diminum pagi dan sore hari.
2. Temulawak dipercaya sebagai antioksidan yang mampu memelihara kesehatan tubuh serta mampu mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.
3. Temulawak dapat menurunkan lemak darah dengan adanya kandungan kurkuminoid di dalarn temulawak. Dan juga pada fraksi kurkurminoid mampu menurunkan trigliserida. kadar kolesterol total serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
4. Temulawak juga dapat merangsang nafsu makan disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum.
5. Manfaat temulawak merniliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalarn temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati serta merangsang pengosongan kandung empedu.
6. Temulawakjuga dipercaya dapat menyembuhkan nyeri haid.
7. Temulawak merniliki kemampuan mengobati jerawat
8. Manfaat temulawak dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah karena dalam temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal darah.
9. Temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi seria nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri seria radang sendi.
10. Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan mamperbaiki fungsi pencernaan. Dengan adanya serbuk rimpang temulawak yang mampu meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalarn lambung yang dapat membantu proses metabolisrne pencernaan serta mengurangi kontraksi pada usus halus.


Sumber :
http://infosehatbugar.com/1557/10-khasiat-temulawak-yang-bagus-untuk-kesehatan-anda.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Temu_lawak

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here