Sinkronisasi LCCK Kim se bakorwil Madiun - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday 17 January 2018

Sinkronisasi LCCK Kim se bakorwil Madiun

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai agen informasi di tengah masyarakat dinilai cukup berhasil. Selain sebagai komunikasi dengan pemerintah, KIM juga dapat dimanfaatkan untuk mempublikasikan potensi pariwisata maupun usaha kecil menengah (UKM).

Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur ini Ambar Sulistyorini, SH, MM mengatakan, salah satu bentuk pembinaan KIM adalah dengan penyelenggaraan Pekan KIM. Pekan KIM bisa menjadi salah satu bentuk pembinaan dari Pemerintah melalui Dinas Kominfo untuk berinteraksi dan tukar informasi sesama anggota KIM yang aktif melaksanakan rutinitasnya.

Empat poin dalam penggembangan KIM kedepan, utamanya dalam monitoring diantaranya yaitu :

  1. Penguatan Kelembagaan
  2. Pola Pemberdayaan
  3. Pemanfaatan TIK
  4. Pembinaan Pengembangan

Kehadiran KIM sebagai media jurnalisme warga yang dapat mengimbangi informasi dari media massa komersil dengan kepentingan bisnis atau politis. Media Jurnalisme warga juga membuat masyarakat lebih melek informasi di sekitarnya karena informasi yang diangkat adalah informasi yang sarat dengan konten-konten lokalitas dari masyarakat secara langsung. 



“Untuk memberikan ruang bagi KIM di Jawa Timur untuk terus saling berinteraksi, bertukar informasi dan gagasan dalam melaksanakan peran KIM,” tutur Ambar Sulistyorini di sela Rapat Sinkronisasi Persiapan Pelaksanaan Lomba Cerdik Cermat dan Komunikatif (LCCK) bagi KIM se-Bakorwil I Madiun, Selasa, (16/1/2018).
Dikatakan Ambar, KIM juga bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat dimana yang menjadi bahan informasinya juga dari masyarakat sendiri, “Mereka (warga) dapat menjadi media yang memproduksi informasi dari masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri,”ungkap Ambar.

sumber bacaan : 

Sumber foto : Dinas Kominfo Kota Madiun

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here