Pelatihan Teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday 13 April 2017

Pelatihan Teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi

Oro-oro Ombo (12/4) difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Madiun mendapat pembekalan Teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi, dibimbing oleh 2 (dua) nara sumber dosen dari Universitas Merdeka Madiun, Fikri Hasan, S.Sos, M.I.Kom dan Maria Febiana Christanti, S.Sos, M.Si. mengulas tuntas tentang Teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi


Materi yang pertama adalah tentang Teknik dasar jurnalistik penulisan berita, Maria membekali Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kota dengan tata cara penulisan yang baik, bagaimana agar pembaca tidak bosan dan agar penulis lebih mudah dalam menuliskan artikel baik dalam media cetak maupun media yang lain. bagimana menerapkan 5W 1 H sebagai dasar cara penulisan agar lebih mudah, bagaimana memberikan penekanan pada suatu berita dan lain sebaginya. Dan yang paling penting adalah bagimana membedakan tulisan Opini atau Fakta.


Melanjutkan materi teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi, berikutnya Fikri Hasan memaparkan bagaimana sebuah foto bisa menceriterakan sebuah berita karena sebuah caption berita dan foto bisa berpengaruh besar kepada tulisan dan keselarasan di berita tersebut. termasuk angle pengambilan gambar juga bisa menentukan cerita dari foto yang diambil. diakhir sesi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diberikan contoh-contoh foto yang sesuai dengan caption berita. yang paling penting adalah etika dalam pemberitaan.

Semoga dengan pembekalan materi teknik dasar jurnalistik penulisan berita dan fotografi kali ini memudahkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam menuangkan ide cerita baik di media cetak maupun di Blog masing-masing.

Sumber foto : 
1. Kominfo Kota Madiun
2. Forum KIM Kota Madiun

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here