Ayo baca dan cermati informasi pada kemasan makanan - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday 3 April 2018

Ayo baca dan cermati informasi pada kemasan makanan


Sobat KIM dimanapun anda berada pernahkan sobat kim menyempatkan sejenak membaca kemasan makanan dan minuman yang sobat KIM beli di warung atau supermarket ? pernahkah sobat KIM mencermati kandungan apa saja yang ada di makanan dan minuman melalui informasi gizi dan kandungan yang ada di kemasan itu? Pernahkah sobat KIM mencermati kelayakan makanan itu untuk usia berapa dikonsumsi ?

Tanpa disadari, makanan dan minuman yang selama ini menjadi santapan sehari-hari bukan hanya menawarkan pilihan yang kian banyak, tapi justru menebarkan ancaman bagi kesehatan baik pada diri kita maupun khususnya buat buah hati kita.

Produsen terkadang memberikan seminimal mungkin informasi bahaya makanan yang mereka produksi kepada masyarakat. Seperti contohnya yang KIM Winongo dapatkan beberapa waktu lalu yaitu dengan membuat tulisan sekecil mungkin bahkan hampir tidak terbaca pada kemasan makanan dan minuman yang mereka produksi.

Adakalanya produsen menuliskan itu namun dengan komposisi serta model tulisan yang di kaburkan bersama tulisan yang lain sehingga tidak ada batas antara komposisi yang aman dan komposisi yang tidak aman konsumsi.


Memang mereka mencantumkan itu tetapi dibuat sedemikian rupa sehingga konsumen tidak akan membacanya. Hal ini lah yang menggerakkan KIM Winongo untuk membuat artikel ini agar masyarakat sadar akan pentingnya meningkatkan minat baca secara umum dan secara khusus membaca kemasan makanan yang beredar di pasaran.

Seperti yang KIM Winongo temukan beberapa hari lalu, saat ini banyak sekali makanan khusunya makanan ringan, minuman sirup yang ternyata tidak layak konsumsi untuk ibu hamil dan menyusui, nah terkait hal itu ada beberpa yang ingin KIM winongo ajak kepada Sobat KIM dimanapun Anda berada untuk selalu :

  1. Mencermati informasi utama, Informasi utama dalam kemasan pangan yang perlu dicermati terdiri dari nama produk, nama dan alamat produsen, dan nomor pendaftaran (BPOM)
  2. Baca bahan yang digunakan pada makanan dan minuman, Sobat KIM perlu mencermati daftar bahan yang digunakan jika ada bahan yang menimbulkan alergi pribadi atau yang pantang dimakan
  3. Membaca dengan teliti kandungan gizi pada kemasan,
  4. dan Informasi lainnya, Informasi lain terdiri dari tanggal kedaluwarsa, kode produksi, dan peringatan-peringatan lain 

Semoga dengan tulisan singkat ini meningkatkan kesadaran Sobat KIM dimanapun Sobat KIM berada tentang keamanan makanan khususnya makanan yang Sobat KIM sajikan bagi keluarga terutama putra putri generasi harapan bangsa, agar putra-putri kita tidak terkena obesitas ataupun penyakit sebagai efek makanan tidak layak konsumsi di masa muda.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here