BANK SAMPAH SOLUSI KEBERSIHAN DAN KEUANGAN RUMAH TANGGA - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday 14 November 2013

BANK SAMPAH SOLUSI KEBERSIHAN DAN KEUANGAN RUMAH TANGGA




“Selama ini, penanganan sampah masih berprinsip 'cost center' karena sampah-sampah yang diproduksi setiap harinya selalu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sudah saatnya pola pikir tersebut diubah dengan menerapkan prinsip 'profit center', di mana masyarakat turut menyadari bahwa sampah masih bisa diolah menjadi sesuatu yang berguna bahkan mendatangkan keuntungan.”


Winongo – Saat ini masalah sampah merupakan masalah serius yang di hadapi di kota besar seperti ibu kota jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Tercatat berdasarkan sumber : Damanhuri (2004) Jakarta menempati urutan ke 8 setelah Singapura dan Manila dengan jumlah 0.650 Kg/Orang/Hari. Dari data tersebut maka 1 orang dalam 1 bulan bisa menghasilkan 19,5 Kg. Masalah ini kemungkinan juga di alami di kota  Madiun apabila tidak segera di cari solusi.

Dinas Kebersihan dan pertamanan kota dengan program 3R, Reduce (mengurangi penggunaan benda-benda yg menghasilkan sampah), Reuse (menggunakan kembali) dan Recicle (mengolah kembali sampah yg dihasilkan) belum bisa di terapkan secara penuh oleh warga Madiun pada Umumnya dan warga Winongo pada khususnya. Permasalahan ini terkait waktu dan kemauaan warga dalam pengolahan sampah rumah tangga pribadi.


Dari permasalahan diatas, Warga RT13 RW IV berinisiatif untuk membentuk Bank Sampah khusus untuk bahan unorganik (tidak terurai) yang kemudian di sepakati bernama Bank Sampah “Matahari”, mula-mula anggota bank sampah hanya terdiri dari dari anggota kelompok dasawiswa Matahari III, dan hingga berita ini di terbitkan anggota kelompok Bank Sampah “Matahari” sudah mencakup dasa Wisma Matahari I, dan II serta di tambah dari anggota RT di sekitar lingkungan RT 13 yakani RT 12, RT 15 dan RT16. Kedepan apabila bank sampah ini sudah berjalan dengan baik skala pelayanan akan di perluas pada lingkup Kelurahan

Menurut Ketua yang juga sebagai pencetus ide “Bank Sampah Matahari” Ibu Siyam Sumartini, sampah saat ini memiliki nilai ekonomis tinggi apabila di kelola dengan benar. Dituturkan pula bahwa Sampah Rumah tangga yang kemarin hanya di jadikan barang sisa dan kadang menjadi sarang penyakit bila di olah bisa juga mendatangkan income tambahan bagi anggotanya.

Pengelolaan bank sampah ini dimulai dari pengumpulan sampah rumah tangga, pemilahan menurut jenis sampah  oleh masing-masing anggota kemudian di kumpulkan ke Bank Sampah. Setelah sampah terkumpul sesuai jenisnya tiap 2 minggu sekali pengepul datang dan membeli sampah dari anggota yang telah terkumpul. Uang dari hasil penjualan sampah di kelola oleh pengurus dan menurut kesepakatan anggota di tabung dan dikembangkan dalam bentuk simpan pinjam, yang akan di bagikan sebelum Hari Raya tahun depan.

Keberadaan Bank sampah “Matahari”ini membantu ibu-ibu anggota Bank Sampah dalam hal kebersihan rumah yang mana rumah tidak lagi di jejali dengan barang-barang tidak berguna juga nanti pada saat Hari Raya sedikit diringankan karena sudah memiliki tabungan dari sampah rumah tangga yang dikumpulkan. “lumayan untuk tambah beli bumbu dapur” demikian di tuturkan beberapa anggota yang tergabung di Bank Sampah Matahari  seusai penimbangan sampah.

Dalam sekali pengambilan oleh pengepul rata-rata 450an kilogram dalam sekali ambil tiap dua minggu terdiri dari bermacam-macam sampah unorganik seperti plastik, kaleng, botol dan lain-lain sebagainya. Barang-barang tersebut oleh pengepul dibayar sesuai jenis bahan yang ada.

Semoga dengan adanya Bank sampah ini sedikit membantu Dinas Kebersihan dan pertamanan Kota Madiun. Minimal dengan sedikit mengurangi timbunan sampah yang ada di TPS Madiun. Dan memberi manfaat juga kepada Warga Winongo pada Umumnya dan Anggota Bank Sampah Matahari  pada khususnya. (AW)





1 comment:

  1. Assalamualaikum, bisa di tampilkan bentuk buku tabungan bank sampah matahari luar dan dalam?

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here