Bersih desa Winongo tahun 2017 - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday 14 October 2017

Bersih desa Winongo tahun 2017

Sudah menjadi agenda rutin Kelurahan Winongo yang juda merupakan sarana nguri-uri budaya leluhur yaitu bersih desa, Kegiatan Bersih Desa Kelurahan Winongo tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 8 oktober lalu, hingga puncaknya kemarin malam dengan acara Wayang Semalam Suntuk dengan dalang Ki Alek Sabdo Utomo.

Ki Alek Sabdo Utomo di Bersih Desa Kel. Winongo tahun 2017

Rangkaian acara bersih desa di awali tanggal 8 Oktober dengan acara bersih makam leluhur di pemakaman Winongo, dan juga kegiatan kerja bakti dilingkungan masing-masing, pada tanggal 11 Oktober diadakan kegiatan istighosah dan kirim doa. dilanjutkan malam hari nganglang desa yang bertujuan untuk kirim doa di lokasi yang dipercaya dulu merupakan tempat atau titik babat tanah Winongo.
Gunungan lanang (jaler) Bersih Desa Winongo 2017

Gunungan Wadon (setri) Bersih Desa kelurahan Winongo 2017

Pada tanggal 12 Oktober seperti tahun-tahun sebelum nya diadakan pawai kirab gunungan jaler dan estri (laki-laki dan perempuan), kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh RW di likungan Kelurahan Winongo, ada yang nampilkan cerita Dewi Songgo Langit, ada yang mengusung tema peduli sampah plastik, KIM Citra taruna kenanga bersama Kader Kesehatan dan Posyandu juga ikut dengan menampilkan kesenian dongkrek.

Karawitan PKK Kel. Winongo mengisi pra acara puncak Bersih Desa Kelurahan Winongo 2017

Puncak acara bersih desa yaitu Pagelaran Wayang semalam suntuk juga dihadiri langsung oleh Walikota Madiun, Sekda dan Camat Manguharjo, dalam sambutannya semoga dengan tetap diuri-urinya budaya ini tetap mempertahankan budaya leluhur Kelurahan Winongo, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Citra taruna Kenanga pada pra acara juga ikut memeriahkan dengan menampilkan fragmen Penthul Tembem bertemakan Anti HOAX (berita palsu), Hatespeech (ujaran kebencian)  dan menggunkan media sosial yang barmartabat.

Walikota Madiun berserta Sekda Madiun pada Bersih Desa Kelurahan Winongo 2017
Sumber foto:
1. Kominfo Kota Madiun
2. KIM Citra Taruna Kenanga

2 comments:

  1. Sukses untuk kel Winongo dalam nguri2 budaya leluhur

    ReplyDelete
  2. Sukses untuk kel Winongo dalam nguri2 budaya leluhur

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here