Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun tahun 2015 - KIM CITRA TARUNA KENANGA

Breaking

KIM CITRA TARUNA KENANGA

Komunikatif, Informatif, Peduli Masyarakat

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday 26 March 2015

Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun tahun 2015


26 Maret 2015 - Madiun

 
Bertempat di ruang 13 Gedung Balaikota Madiun, Humas Protokol Pemerintah Kota Madiun menghadirkan sebanyak lebih dari 100 orang undangan dari berbagai instansi, diantaranya dari TP.PKK Kecamatan, TP.PKK Kelurahan, SMA dan SMK sekota Madiun, KIM (kelompok Informasi Masyarakat) serta dari dinas dan instansi terkait guna menghadiri Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun.  Sebagaimana di utarakan Bapak Edi dari Humas dan Protokol Kota Madiun pada Laporan Panitia penyelenggara bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat tentang keprotokolan Kota Madiun dan Publik Speaking.



Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun - KIM Citra Taruna Kenanga
Dalam kegiatan tersebut langsung di buka oleh Walikota Madiun, Bapak H. Bambang Irianto, SH.MM. menurut Beliau seorang protokol harus menarik dan harus mancerminkan intelektualnya dari tata bahasanya. tanpa di sadari setiap manusia melaksakan kegiatan protokoler setiap hari tanpa disadari sebagai contoh waktunya bangun tidur, waktunya mandi, waktunya makan dan sebagainya harus pada waktunya dan tempatnya. hal ini tanpa disadari sudah menjalankan protokoler walaupun sangat sederhana, sambung Beliau.



Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun - KIM Citra Taruna Kenanga
Dilanjutkan paparan dari pemateri Humas dan protokol Kota Madiun bahwa pada prinsipnya keprotokolan fleksibel sesai dengan azas keprotokolan yaitu Kebangsaan, Keteriban dan Kepastian Hukum, Keseimbangan, Keserasian dan Keselarasan serta Azas timbal balik. setiap kota memiliki ciri khas masing-masing sehingga azas diatas menjadi prinsip dalam protokoler sebuah acara.



 
Pada sesi Publik speaking pemateri yaitu Bapak Zainal Abidin Achmad, S.Sos, M.Si, M.Ed. dosen ilmu komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur. Beberapa diantara yang ditegaskan beliau adalah untuk menjadi seorang publik speaker tidak selamanya bakat menjadi faktor penentu kesuksesan seseorang dalam retorika tapi lebih dipengaruhi oleh lingkungan dan latihan. lebih lanjut Bapak Zainal mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang publik speaker diantaranya variasi suara, ekspresi wajah, Kontak mata dan Bahasa tubuh. Jika seseorang publik speaker sudah menguasai 4 hal tersebut maka saat dia berdiri di depan banyak orang akan mampu menguasai audien sebagimana tujuan dari komunikasi yang ingin dibangun antara seorang pembicara denga pendengar.

Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun - KIM Citra Taruna Kenanga
Pelatihan Keprotokolan Kota Madiun - KIM Citra Taruna Kenanga
Sebelum pelatihan ditutup peserta diberikan kesempatan untuk mencoba berbicara didepan forum baik sebagai Master of Ceremony (MC) dan juga bagaimana teknik pada saat membaca pidato. Pelatihan Keprotokolan ditutup pukul 12.30 dengan harapan informasi yang didapatkan oleh Peserta dapat di sebarluaskan ke instansi masing-masing sehingga tata cara dan tata tertib kegiatan sesuai dengan protokol yang baik dan benar. KIM Citra Taruna Kenanga – Winongo Madiun

 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here